sebelum mengikuti program ICO ada baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang ICO.
[ICO] Coin Initial Offering adalah coin yang dijual sebelum peluncuran, biasanya developer yang melakukan proyek ICO adalah coin berbasis token dalam arti lain coin yang menggunakan teknologi blockchain dari coin lain seperti Etherum, NE, dan Bitshares, coin ini tidak bisa di tambang (mining). Tapi ada juga coin ICO yang menggunakan teknologi blockchain milik sendiri dan bisa di tambang. ICO pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013 oleh developer coin OMNI dan Mastercoin.


ICO bisa diartikan dengan Investasi jangka panjang, karena dari proses penjualan sampai masuk exchanger membutuhkan waktu yang sangat lama, paling cepat sekitar 1 bulan seperti proyek ICO airdrop. Karena ICO termasuk kedalam Investasi mempunyai keuntungan dan kerugian,
saya akan menjelaskan keuntungan dan kerugian mengikuti ICO.
KEUNTUNGAN ICO
Proyek ICO penjualan token sebelum peluncuran pada bursa/market sebagai Investor akan mendapat keuntungan yang besar, kenapa demikian?
karena harga coin saat proyek ICO berlangsung kita akan mendapat diskon harga murah dan bisa mendapat bonus coin hingga 100%. Ketika coin tersebut dirilis dan masuk market harganya bisa naik berkali-lipat tapi tergantung dari marketnya juga jika pertama kali coin ICO tersebut masuk ke market yang minoritas tradernya sedikit besar kemungkinan harga akan berada dibawah harga ICO tapi Anda jangan khawatir tinggal sabar menunggu coin tersebut masuk ke market yang mayoritas tradernya banyak dan harga besar kemungkinan akan naik berkali lipat.


KERUGIAN ICO
Ada keuntungan pasti ada kerugian dari ICO.
tidak semua ICO berjalan dengan sukses ada juga ICO yang mengalami kegagalan atau tidak bisa mencapai minimal penjualan.
jadi jika Anda ingin mengikuti ICO anda harus pintar memilih ICO sebelum berinvestasi,
jika Anda berinvestasi dalam ICO dan ICO tersebut gagal dana yang anda keluarkan akan dikembalikan 100% terkecuali jika ICO tersebut scam/penipuan.


TIPS MEMILIH ICO YANG BAIK
Saya akan memberikan sedikit tips dalam memilih ICO yang baik tapi tidak ada jaminan sukses karena keberhasilan ICO tergantung dari banyak hal dan keaktifan komunitasnya. Sebelum berinvestasi pastikan Anda memperhatikan point-point penting dibawah ini:
1. Pastikan ICO tersebut mempunyai konsep yang bagus, hal ini bisa Anda lihat dari roadmap atau whitepaper ICO tersebut.
2. Pastikan ICO tersebut banyak peminatnya, hal ini bisa Anda lihat dari progress saat penjualan.
3. Pastikan pihak DEVeloper ICO tersebut aktif melakukan update news dan proyeknya aktif berkomunikasi dalam komunitas Proyek.
Secara singkat Pada dasarnya yang di maksut ICO yaitu memberikan pinjaman. 
Jika anda memiliki beberapa BTC/ETH dan anda ingin meningkatkan nilainya.
Ide nya sangatlah sederhana - anda bisa meminjamkan sejumlah koin pada sebuah yayasan(ICO) dan anda akan diberi koin yang mereka kembangkan. pinjaman anda pada mereka adalah untuk mengembangkan proyek yang dibangun menjadi sukses dan memberi anda sebuah kabar gembira dan juga memungkinkan memberi anda kabar buruk jika proyek mereka gagal atau koin yang anda terima dari ICO tidak akan berguna. 
Itulah sangat penting untuk anda memilih proyek yang akurat, pinjaman anda akan di gunakan secara bijak.



Saya akan merangkum beberapa ICO yang ada dan informasi penting di dalam nya.
Semoga bisa membantu anda menjadi ivestor yang sukses.

Komentar